SNB (Social Network Business)

Wah udah lama gak nulis lagi setelah UTS, hehehe. Tulisan saya sebelumnya adalah tentang CIM (klik disini untuk ke pembahasan tersebut). Sekarang saya akan membahas tentang SNB atau bahasa kerennya Social Network Business. Dalam pembahasan SNB kali ini, saya akan membahas beberapa point, diantaranya sebagai berikut :

  • Pengertian SNB
  • Struktur SNB
  • Analisis terhadap SNB
  • Kesempatan yang di dapat dalam SNB
  • Solusi SNB

Nah, dari point-point tersebut kita bahas satu persatu ya 🙂

PENGERTIAN SNB (Social Network Business)

SNB (Social Network Business) seperti yang saya kutip dari blog tetangga adalah “sebuah website untuk menghubungkan bisnis dan situs jaringan sosial”, jadi kalo jaman sekarang contoh gampangnya itu Facebook. SNB ini intinya adalah layanan website yang dimanfaatkan untuk jejaring sosial dan juga bisnis, jadi ya sekalian menyelam sambil minum air (awas keselek, heheheh). Situs jejaring sosial memungkinkan pengguna untuk berbagi gagasan, kegiatan, acara, dan kepentingan dalam jaringan masing-masing.

STRUKTUR SNB  (Social Network Business)

Lagi-lagi, struktur SNB yang saya dapat dari blog tetangga (lagi) mempunyai 5 tahapan, diantaranya adalah

  • Dasar-dasar SNB
  • Fitur tambahan dalam SNB
  • Emerging Trend dalam SNB
  • Sosial jaringan hosting
  • Model bisnis

DASAR-DASAR SNB

pada struktur ini, pengguna SNB dapat mengisikan biodata mereka sendiri, atau menguopload foto maupun men-share link ataupun yang lain sebagainya. Ini adalah tahapan dasar dalam jejaring sosial, sehingga orang lain dapat mengetahui siapakah orang tersebut.

FITUR TAMBAHAN DALAM SNB

fitur tambahan pada SNB ini biasanya ada beberapa macam, diantaranya adalah bisa membuat group dengan kegiatan ataupun kesukaan yang sama, bisa diakses melalui handphone atau smartphone (mobile), berbagi foto atau video, link dan lain sebagainya.

EMERGING TREND DALAM SNB

konsep struktur ini adalah “real time” dan “berbasis lokasi”, pada Facebook aplikasi ini diterapkan pada Foursquare dan Facebook place (Blackberry) sehingga orang lain tau dimana kita berada. Sedangkan pada Twitter berbasiskan “waktu layanan”, sehingga ada yang namanya trend topic pada twitter.

SOSIAL JARINGAN HOSTING

Sebuah jaringan sosial layanan hosting adalah layanan hosting web host yang secara khusus penciptaan pengguna berbasis web layanan jaringan sosial, bersama aplikasi terkait.

MODEL BISNIS

Nah, ini dia kalo soal duit. “Business is business”, begitulah katanya, hahahaha. Ada beberapa situs yang mendapatkan uang dari member keanggotaannya, jadi anggota yang ingin mendaftar harus membayarkan uang terlebih dahulu, ada juga beberapa situs yang menggratiskannya. Mereka mendapatkan uang dengan cara menampilkan iklan terhadap perusahaan-perusahaan atau pihak-pihak yang mau mengiklankan produknya pada website tersebut.

ANALISA SNB (Facebook)

Pada analisa kali ini saya menggunakan Facebook sebagai bahan analisa, menurut saya ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari Facebook

KELEBIHAN :

– bisa menghubungkan banyak orang

– mempunyai fitur chat, upload foto, share link, group yang sangat bermanfaat

– sangat “welcome” untuk orang-orang Indonesia yang sangat ingin eksis (hahahahaha)

– sangat baik dalam bertukar informasi, baik via wall, chat maupun PM (Private Message)

KEKURANGAN :

– untuk tampilan Facebook yang sekarang sangat tidak baik, karena kurang untuk privacy

KESEMPATAN YANG DIDAPAT DALAM SNB

saya ambil contoh fenomena dalam Facebook, penjualan online atau yang biasa kita sebut dengan Online Shop sangatlah besar peranan SNB seperti Facebook ini. Penjual memiliki banyak sekali keuntungan dalam bisnis mereka, diantaranya adalah :

– penjual dapat menjual barang dagangannya secara online dan lebih luas, karena produknya dapat dilihat oleh masyarakat luas

– penjual tidak harus membuat perusahaan dengan biaya yang mahal, ini dapat menghemat cost dalam segi biaya

– penjual dapet mengupdate produknya dengan mudah

SOLUSI SNB

menurut dari pengetahuan dan pengalaman saya, ada beberapa hal yang dapat mebangun dalam pengembangan sebuah website SNB, diantaranya adalah :

– jangan membebani user dengan halaman web yang terlalu berat

– jangan menampilkan iklan-iklan dengan konten yang berat, sehingga nantinya akan memberatkan user (lemot)

– diaplikasikan berbasiskan mobile

– jangan memiliki struktur navigasi yang terlalu berbelit-belit

– buatlah interaksi manusia dan komputer secara menarik

– untuk hal bisnis, gunakanlah seluas-luasnya untuk tahapan promosi produk

SUMBER 1

SUMBER 2

SUMBER 3

Leave a comment