Game Part II (Game Technology)

GAME PART II

PENGERTIAN TEKNOLOGI GAME

Nah, udah baca postingan yang kemaren belom tentang Game Part I yang isinya tentang pengertian game, sejarah game, klasifikasi game dan makna dari game online. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang game lebih lanjut, diantaranya adalah arti dari teknologi game, teknologi-teknologi yang digunakan dalam pembuatan game, tahap-tahap dalam pembuatan game, dan profesi-profesi yang ada dalam pembuatan sebuah game.

Pertama-tama kita akan membahas tentang arti dari teknologi game. Teknologi game adalah perangkat-perangkat yang digunakan dalam pembuatan sebuah game. Teknologi yang digunakan bisa berupa system-sistem yang diguanakan maupun perangkat keras ataupun perangkat lunak yang digunakan untuk menunjang dalam pembuatan game tersebut.

.

.

TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBUATAN SEBUAH GAME

Seperti yang saya sudah katakana sebelumnya, teknologi yang digunakan dalam pembuatan game bermacam-macam, salah satunya adalah software (perangkat lunak). Biasanya para programmer menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic, C, Java, Delphi, Phyton dan lain sebagainya. Berikut ini adalah salah satu potongan listing pembuatan skill Dual Breath dari Hero Dota “Jakiro (Twin Head Dragon)” menggunakan bahasa C yang saya dapatkan dari sumber.

Selain itu, saya juga pernah menggunakan game engine “Renpy” yang berbasiskan bahasa Python. Game engine ini mempunyai User Interface yang cukup menarik, sehingga para game maker tidak bosan dengan tampilan yang full koding saja. Pada saat kita menjalankan game yang sudah kita buat, kita juga langsung dapat melihat koding dari tampilan game tersebut, berikut tampilannya:


Disamping itu, jika kita ingin menggunakan OpenGL (Open Source) untuk membuat grafik 3D, saya pun sudah pernah menggunakan OpenGL ini untuk membuat gambar grafik sederhana berupa sebuah kubus 3D dengan bantuan IDE Pelles C. Anda dapat mendownload kodingnya disini.

Jika dari segi software yang lain, ada yang berupa Open Source seperti Blender, namun ada juga yang mempunyai license tersendiri seperti 3Dmax. Melakukan proses rendering memakan waktu yang cukup lama, terlebih lagi jika komputer yang kita gunakan sangat standar atau minim untuk spesifikasi multimedia. Ini juga bisa dilihat dari segi perangkat keras yang digunakan, yaitu VGA (Video Graphic Card), RAM (Random Acces Memory), dan juga Processor yang digunakan. Komputer yang digunakan untuk membuat sebuah game yang bagus harus memiliki spesifikasi multimedia yang sangat tinggi, jadi sangat disarankan untuk tidak menggunakan komputer dengan spesifikasi standar.

.

.

TAHAP-TAHAP DALAM PEMBUATAN SEBUAH GAME

  1. 1. Tentukan Genre Game

Tahap yang paling awal dalam pembuatan sebuah game adalah menentukan genre atau tema dari game tersebut. Banyak hal yang dapat menentukan tema apa yang kita gunakan untuk membuat game tersebut, mulai dari game-game yang sudah pernah kita mainkan ataupun dari pengalaman-pengalaman atau imajinasi kita sendiri. Untuk genre game itu sendiri sudah dibahas pada tulisan sebelumnya.

  1. 2. Tentukan Tool yang ingin digunakan

Ada 2 langkah yang dapat kita gunakan dalam memilih tool untuk membuat sebuah game, antara lain bahasa pemrograman ataupun software yang sudah disiapkan untuk membuat game. Jika Anda adalah seorang programmer, Anda bisa menggunakan bahasa pemrogrman yang Anda kuasai. Bagaimana dengan orang-orang yang masih awam dengan bahasa pemrograman? Kita dapat menggunakan software-software tersebut, tools tersebut sangat mudah digunakan oleh siapa saja. Jadi, semua orang dapat membuat kreasi gamenya sendiri tanpa harus menguasai seluk-beluk dari bahasa pemrograman.

  1. 3. Tentukan gameplay game

Gameplay yang dimaksudkan disini adalah alur atau system dari game itu sendiri.  Biasanya tampilan-tampilan yng menarik dan dekat dengan kehiduapn sehari-hari akan banyak diminati oleh para pecinta gamers, terlebih lagi jika game tersebut hanya memerlukan spesifikasi yang standar untuk memainkannya.

  1. 4. Tentukan grafis yang ingin digunakan

Secara sederhana grafis dapat dibagi menjadi 3 macam, antara lain :

  • Kartun
  • Semi-real
  • Real

Disarankan untuk memilih game dengan grafis yang sesuai dengan tools yang Anda miliki, agar nantinya Anda sendiri akan merasa nyaman dengan tools tersebut.

  1. 5. Tentukan suara yang ingin digunakan

Pada bagian inilah sebaiknya Anda bekerjasama dengan pihak yang lebih ahli jika Anda tidak mengetahui tentang dasar-dasar penentuan suara dalam sebuah game. Karena percaya atau tidak, penentuan dan penempatan suara dalam sebuah game mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan ketertarikan para gamers terhadap game yang Anda buat.

  1. 6. Lakukan perencanaan waktu

Sepertinya hal ini adalah hal yang sepele, namun jika Anda menyepelekan hal ini dan tidak bisa memanage waktu. Maka Anda tidak akan focus pada game yang Anda buat dan nantinya game yang Anda buat akan kurang atau bahkan sama sekali tidak diminati oleh para gamers.

  1. 7. Proses pembuatan

Sebelum melakukan proses pembuatan sebuah game, adakalanya Anda benar-benar sudah mempersiapkan tool-tool yang nantinya akan Anda gunakan dalam pembuatan sebuah game. Atau jika Anda tidak mampu untuk menyediakan semuanya, Anda dapat meminta bantuan dari orang-orang sekitar Anda.

  1. 8. Lakukan publishing

Jika Anda sudah merasa game yang Anda buat sudah cukup berkompeten, tidak ada salahnya Anda mulai mempublikasikan game yang Anda bua tersebut. Proses pempublikasian dapat dilakukan dengan cara melalui media-media elektronik, cetak dan sebagainya, ataupun Anda dapat melakukannya melalui teman-teman Anda secara mulut ke mulut.

.

.

PROFESI-PROFESI DALAM PEMBUATAN SEBUAH GAME

Dari beberapa game yang perbah saya mainkan, pada saya lihat credits pada game tersebut ada banyak sekali profesi yang ada dalam pembuatan sebuah game. Saya akan menjelaskan beberapa profesi saja secara umum, karena itu semua tergantung dari developer tersebut apakah developer tersebut ingin mempunyai sub-sub kerja yang lebih terperinci atau menggunakan SDM yang ada secara umum saja. Jenis-jenis profesi ini saya ambil dari game “Warcraft III The Frozen Throne” yang saya mainkan, berikut jenis-jenis profesinya :

  • Game Designer

Orang-orang yang bekerja pada bidang ini bertugas untuk mendesign dari game tersebut, apakah game tersebut akan memiliki alur, tipe, dan tampilan yang seperti apa. Biasanya mereka mendesign game tersebut secara berkelompok.

  • Producer

Pada divisi ini, mempunyai tugas untuk mengarahkan game menjadi seperti apa yang diinginkan sebelumnya sesuai dengan hasil yang sudah disetujui oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan game.

  • Team Lead

Pada bagian ini, bertugas untuk memimpin tim dalam pembuatan game agar tetap kompak dan sesuai dengan konsep yang sudah direncanakan.

  • Programmer

Pada bagian inilah sang “game maker” akan bekerja secara kompak untuk membuat sebuah game yang diinginkan. Mereka akan bekerja keras untuk mendapatkan game seperti yang diinginkan sebelumnya, namun saying Game Programmer di Indonesia masih sedikit sekali.

  • Script And Text Editor

Pada bagian inilah sang “maestro” bertugas untuk membuat scenario dari game yang diinginkan. Skrip-skrip tersebut yang nantinya akan dibaca oleh sang game artist.

  • Cinematic

Pada bagian cinematic ini, orang-orang pada bidang tersebut akan membuat game yang dibuat lebih menarik dalam segi alur, tampilan, maupun konsep-konsep lainnya.

  • Artist

Artis pada pembuatan game ini tidak jauh beda dengan artis pada umunya. Artis pada game ini biasanya akan menjadi model dari hero yang ia perankan maupaun mengisi suara dari hero yang ia perankan.

  • Music Editor

Pada bagian inilah yang membuat suasana game menjadi real, karena dengan penggunaan dan penempatan suara yang pas dapat membuat game menjadi jauh lebih menarik.

.

.

Demikianlah artikel ini saya buat untuk memenuhi Tugas Matakuliah “Pengantar Teknologi Game”, semoga artikel ini dapat bermanfaat, kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan karena artikel ini masih jauh dari kesempurnaan. Terima kasih juga kepada sumber-sumber yang sudah memberikan saya informasi mengenai ini. This article originally created by Stya Putra Pratama.

Sumber :

http://bahaskomputer.blogspot.com/2009/05/tahap-pembuatan-game.html

http://akang-ebi.blogspot.com/2009/09/teknologi-di-balik-pembuatan-game.html

http://www.playdota.com/forums/129728/dual-breaths-actual-aoe/

.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: