Lari Pagi di Minggu Pagi

Pada dasarnya lari pagi mempunyai manfaat yang sangat banyak, meskipun itu dilakukan hanya satu kali dalam seminggu dan saya yakin kita semua tau akan manfaat dari lari pagi. Manfaat lari pagi antara lain adalah :

  1. membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan,
  2. Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan,
  3. Menetralkan depresi,
  4. Jogging membantu Anda membakar lemak dan mengatasi kegemukan
  5. Kalau Anda bermasalah dengan selera makan, jogging membantu Anda memperbaikinya,
  6. Jogging mengencangkan otot kaki, paha dan punggung,
  7. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif,
  8. Membuat tidur lebih nyenyak.

Nah oleh karena itu, kami yang beranggotakan 4 orang, yaitu Stya Putra Pratama (saya sendiri), Andre Pratama, Vensnany Demel dan Azzhari Yostar melakukan pengamatan terhadap orang-orang yang melakukan lari pagi pada awal November 2009 yang bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Bekasi. Orang-orang yang lari pagi mencakup semua golongan, baik pria, wanita, anak-anak, remaja, dewasa bahkan manula sekalipun. Semangat mereka sangatlah besar untuk mendapatkan kesehatan yang murah meriah melalui lari pagi ini.

Pada umumnya mereka melakukan lari pagi ini pada hari Minggu, sebenarnya bukan karena factor malas mereka hanya lari pagi satu minggu sekali. Rata-rata mereka sibuk dengan rutinitas mereka sehari-hari seperti pergi ke sekolah, belajar, kerja, melakukan pekerjaan rumah dan lain sebagainya. Oleh karena hari Minggu adalah hari libur, maka mereka memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan yang berguna, yaitu olah raga pagi seperti lari pagi bersama di GOR. Mereka tidak segasegan untuk lari dari tempat tinggal mereka sampai GOR, baik jalan kaki, bersepeda, menaiki motor, ataupun menaiki angkutan umum. Dan lucunya, selain mereka melakukan lari pagi dengan giat, ada juga yang melakukannya sambil ngeceng dan membeli barang-barang yang dijajakan oleh para penjual seperti pengakuan dari salah satu pelari pagi yang kami wawancarai. Karena para pedagang setiap minggu pagi menjajakan dagangannya di daerah GOR kepada pelari pagi.

Dari hasil wawancara kami, pada umumnya mereka mengaku minimal mereka melakukan lari pagi mengelilingi lingkungan GOR sebanyak 5 kali putaran atau sekitar 15-25 menit. Lari pagi memang tidak hanya dinikmati oleh yang muda saja, bahkan kami telah mewawancarai seorang nenek yang setiap minggu pagi berolahraga dengan cucu kesayangannya. Pada umumnya orang-orang yang menggunakan bukan pakaian olahraga biasanya mereka hanya sekedar jalan-jalan biasa saja atau membeli barang-barang yang dijajakan oleh penjual di sekitar lingkungan GOR tersebut. Biasanya bagi mereka yang sudah selesai melakukan lari pagi, mereka membeli makanan ataupun barang-barang yang ditawarkan oleh penjual, namun ada pula yang langsung pulang ke rumah masing-masing. Baik itu untuk sekedar cuci mata, mejeng, cari pasangan, atau benar-benar melakukan olahraga secara rutin, semua orang punya alasannya masing-masing. So, bagaimana dengan Anda sendiri, sudahkah Anda sadar dengan melakukan olahraga secara teratur minimal satu minguu sekali??? Just Be Healthy Guys!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: